Kamis, 01 November 2012

Manfaat Tumbuhan Temulawak

Temulawak dapat bermanfaat bagi kesehatan seseorang juga dapat digunakan sebagai obat-obatan. Temulawak dapat dimanfaatkan untuk :

1.Untuk memperbaiki fungsi pencernaan.
Serbuk temulawak juga dapat meningkatkan aktivitas dalam cairan lambung sehingga membantu metabolisme dan mengurangi kontraksi usus halus.
Cara pemakaian: ambil 8 gram temulawak segar. Panasi temulawak dengan air suhu 90 derajat selama 15 menit. Disaring, minum 2-3 kali sehari di antara waktu makan.

2.Untuk menambah nafsu makan.
Temulawak juga dapat meningkatkan / memperbaiki nafsu makan.
Cara Pemakaian : ambil 25 gr temulawak, 10 gr asam jawa dan gula merah secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, saring dan diminum.
 
3.Untuk menurunkan lemak darah.
Temulawak juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida dan meningkatkan kadar HDL kolesterol.
Cara pemakaian : ambil 25-50 gram temulawak kering. Dididihkan pada 200 ml air, hingga tersisa 100 ml. Air rebusan disaring dan diminum pagi dan sore.
 
4.Untuk mengobati jerawat
Cuci temulawak sebesar 1 jari, lalu potong-potong seperlunya. Selanjutnya rebus dalam 4 gelas minum air bersih sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin, saring dan tambahkan madu kedalam air saringannya seperlunya, lalu diminum. Pengobatan dilakukan sehari 2 kali, setiap kali cukup 1 gelas.

5.Untuk melancarkan ASI.
Khasiat dan manfaat temulawak untuk pelancar ASI bisa mencoba membuat ramuan sebagai berikut, Cuci 20g rimpang segar temulawak, lalu parut. Hasil parutannya peras dan saing, lalu ditim sampai mendidih. Setelah dingin, tambahkan 2 sendok makam madu sambil diaduk rata, lalu diminum. Lakukan pagi dan sore dengan takaran yang sama banyak. 

6.Untuk menyembuhkan nyeri haid.
Sediakan 10 iris rimpang temulawak, asam kawak, sebesar telur burung puyuh dan gula enau sebesar 3 jari. Rebus bahan-bahan tersebut dalam 2 gelas air sampai tersisa separuhnya. Setelah dingin, minum ramuan tersebut. Lakukan setiap hari selama 1 minggu sebelum haid.
 
 Terimakasih smoga dapat bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar